Perdana Mentri Inggris Tony Blair

Perdana Mentri Inggris Tony Blair – D IPerdana Menteri Inggris, pada 1997-2007, John Pres cott adalah Deputi Perda na Menteri. Dia, secara lang masa Tony Blair menjabat- – – sung ataupun tak langsung, tentu saja, ikut dalam proses pengambilan keputusan melibatkan Inggris dalam invasi terhadap Irak pada 2003. Tapi keterlibatan ini belakangan dia sesali. Dan dia membeberkannya kepada publik setelah terbit laporan penyelidikan tentang keterlibatan Inggris dalam perang itu pada dua pekan lalu. Menulis di Sunday Mirror pada Ahad pekan lalu, Prescott meringkaskan suasana hatinya mengenai campur tangan Inggris dalam penyerbuan ke Irak yang dipimpin Amerika Serikat: ”Keputusan ikut berperang dan kerusakan yang diakibatkannya akan menghantui sisa hidup saya.” Dia mengingatkan bahwa, pada 2004, Sekretaris Jenderal Perserikatan BangsaBangsa Kofi Annan telah menyebut Perang Irak itu ilegal karena tujuan utamanya adalah mengganti rezim.

”Dengan perasaan marah dan sedih sekali, sekarang saya percaya bahwa dia benar,” katanya. Perang itu memang akhirnya sukses menggulingkan Saddam Hussein, yang berkuasa di Irak sejak 1979—dan pengadilan Irak menjatuhkan hukuman gantung tiga tahun setelah Saddam tertangkap. Tapi Irak tak pernah benar-benar damai sekalipun pemerintah baru yang dipilih secara demokratis telah silih berganti menjalankan tugasnya. Kekacauan di sana, dan munculnya kelompok ekstrem Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), justru melipatkan ancaman terhadap keamanan dunia.

Menurut laporan komisi Penyelidikan Irak yang dipimpin John Chilcot, perang itu dilancarkan berdasarkan alasan yang dibesar-besarkan dan bahkan dibuat-buat. Irak, yang disebut-sebut menimbulkan ancaman terhadap keamanan dunia, sama sekali tak memiliki senjata pemusnah massal sebagaimana disimpulkan dari data intelijen Amerika Serikat; dan pendekatan diplomatik masih mungkin dilakukan. Tony Blair tak jujur ketika berusaha meyakinkan perlunya Inggris mendukung Amerika. Dalam perang yang kemudian berlangsung, 179 prajurit Inggris gugur. Keluarga mereka kini sedang menimbang-nimbang apakah akan mengajukan gugatan hukum terhadap Blair atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *