khasiat belimbing wuluh (1)

Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh – Sering memasak dengan belimbing wuluh? Rasa asam yang dikeluarkan mampu memberikan masakan terasa segar dan lezat. Tidak hanya itu saja belimbing sayur ini memiliki berbagai khasiat atau manfaat untuk kesehatan dan kecantikan loh.

Tanaman belimbing asam awalnya berasal dari Maluku kemudian dibudidayakan di negara Asia Tenggara seperti Filipina, Sri Lanka, Malaysia hingga Myanmar. Mudahnya pertumbuhan tanaman belimbing wuluh membuatnya cepat untuk dikembangbiakkan.

Proses pengembangbiakkan dilakukan degan stek batang. Dalam waktu satu malam saja akar dapat tumbuh melalui teknik stek ini. Jika ingin menanam belimbing wuluh jangan lupa untuk sering menyiramnya karena tanaman ini membutuhkan banyak air.

Apabila Anda memiliki tanaman belimbing wuluh ketika panen dalam satu pohon terdapat beratus-ratus buah. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam obat kesehatan dan kecantikan selain untuk dimasak. Jadi tidak akan ada buah yang terbuang.

Baca Juga: Contoh Menu Nasi Kotak

Belimbing ini memiliki banyak kandungan bermanfaat yang akan memberikan kesehatan pada tubuh dan menunjang kecantikan. Berbagai kandungan ini antara lain seperti kalsium oksalat, asam format, saponin, tanin dan peroksidase.

Berbagai vitamin yang terkandung dalam buah didominasi oleh vitamin C sehingga tidak heran jika rasanya begitu asam. Ingin tahu apa saja khasiat belimbing sayur untuk kesehatan atau kecantikan dan bagaimana cara menggunakannya?

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Tanaman belimbing wuluh telah dikembangbiakkan di berbagai negara. Seluruh bagian dalam tanaman dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja di Filipina, daun belimbing digunakan untuk mengatasi gatal-gatal, rematik, bengkak atau gondong. Caranya adalah dengan menumbuk daun hingga menjadi pasta.

Di Indonesia sendiri daging buahnya banyak dipergunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga cukup berat. Berikut ini manfaat yang diberikan oleh buah belimbing wuluh untuk kesehatan manusia.

1. Obat batuk

Manfaat yang pertama adalah untuk mengobati masalah batuk kering khususnya pada anak-anak. Anak sangat mudah untuk terserang virus flu yang mengakibatkan batuk dan itu sangat mengganggu. Anda cukup mengobatinya hanya dengan belimbing wuluh karena kandungan kalium yang cukup tinggi.

Caranya membuat obat, rebuslah 3 buah belimbing dengan 3 gelas air. Rebus hingga air berkurang setengah dan minum hangat-hangat air rebusan setiap pagi. Jangan tambahkan gula, Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari hingga batuk hilang.

2. Obat hipertensi

Anda mengalami gangguan darah tinggi? Segera atasi dengan obat yang dibuat sendiri dari belimbing wuluh. Cara membuat obatnya adalah cukup rebus tiga buah belimbing dengan 25 gr biji sari gading yang sebelumnya telah ditumbuk.

Tambahkan campuran belimbing wuluh dengan sari gading dengan 4 gelas air putih. Rebus hingga mendidih dan air berkurang setengah. Segera minum ketika masih hangat satu gelas sehari sesudah makan. Jangan lupa untuk beristirahat untuk bisa segera menurunkan tekanan darah Anda.

3. Obat diabetes

Selain hipertensi, masalah kesehatan yang mengganggu lainnya adalah diabetes. Jika Anda merasa gula darah naik segera periksakan. Apabila terbukti benar segera untuk merebus 6 buah belimbing dengan 1 gelas air. Hancurkan daging buahnya hingga lembut kemudian rebus hingga air berkurang setengah.

Anda bisa mengkonsumsi air rebusan belimbing satu hari dua kali. Anda juga bisa mengkonsumsi jus belimbing wuluh tanpa harus merebusnya jika ingin merasakan rasa yang lebih segar.

Khasiat Belimbing Wuluh sebagai Penunjang Kecantikan

Manfaat belimbing wuluh tidak berhenti pada pengobatan penyakit saja namun juga penting untuk para wanita yang ingin menjaga kecantikan mereka. Ingin memiliki wajah yang cantik dan tubuh yang langsing? Simak khasiat yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan belimbing wuluh.

1. Mengatasi penuaan dini

Di umur 20-an Anda sudah memiliki keriput? Segera atasi masalah keriput di wajah atau penuaan dini lainnya dengan buah belimbing sayur. Kandungan vit C dan A akan bekerja sebagai antioksidan sehingga mengatasi radikal bebas penyebab penuaan.

Cara menggunakanya adalah buatlah masker belimbing wuluh. Campurkan 4 buah belimbing yang dihaluskan dengan 1 sdt belerang dan 1 gr sulfur. Tambahkan juga air perasan jeruk nipis. Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan tunggu kering, setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan wajah

Secara tradisional, belimbing wuluh yang dicampurkan dengan minyak zaitun akan membuat wajah menjadi lebih putih berseri. Jika Anda ingin mendapatkannya, gunakan masker belimbing wuluh dengan minyak zaitun ini secara rutin.

Cara membuatnya campurkan 3 buah belimbing wuluh yang telah dihaluskan dengan 2 sdt minyak zaitun. Oleskan ke wajah sambil dipijat sebelum tidur. Diamkan semalaman kemudian bilas dengan air bersih keesokan harinya.

3. Membersihkan dan menguatkan kuku

Anda bermasalah dengan kuku yang rapuh? Jika Anda sering menggunakan kutek atau pewarna kuku maka dilengkapi juga dengan perawatan kuku yang tepat. Belimbing wuluh akan membantu Anda memberikan perawatan alami yang murah. Kandungan zat asamnya yang tinggi akan membuat kuku menjadi putih, kuat dan cerah.

Cara perawatannya cukup hancurkan buah belimbing wuluh dengan kuku Anda. Tancapkan ke dalam buah belimbing seluruh bagian kuku. Lakukan cara ini seminggu dua kali.

4. Buah untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, buah yang memiliki rasa asam wajib dikonsumsi. Sayangnya buah asam seperti strawberry, blueberry dan buah berry lainnya memiliki harga yang mahal. Namun jangan khawatir karena Anda bisa menggantinya dengan buah belimbing wuluh.

Kandungan vitamin C dalam buah akan meningkatkan metabolisme dan juga mengurangi nafsu makan berlebih. Cukup konsumsi buah ini selama program diet Anda berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *