mengenal interior rumah

Mengenal Pengertian Interior Rumah dan Prinsip Dasarnya

Belajar atau bekerja di bidang desain tentunya sudah tidak asing lagi soal pengertian interior apalagi untuk interior rumah. Namun tidak dengan orang awam, ketika kamu bekerja sebagai desainer maka perlu untuk menjelaskan apa itu interior rumah. 

Tujuannya agar klien tahu apa yang nantinya kamu kerjakan. Sebaliknya, bagi klien mengetahui pengertian interior rumah dan juga interior kantor akan membuka wawasan. Sehingga tidak mudah tertipu akan lingkup kerja seorang desainer apabila ingin menggunakan jasa mereka. 

Apa Itu Interior Rumah? 

Mengenali dari pengertiannya, desain interior rumah sendiri adalah hal-hal yang berkenaan dalam bidang kreatif, lebih tepatnya solusi teknis pada struktur ruangan yang dibangun. Tujuannya untuk mendapatkan lingkungan pada sebuah ruang. 

Lingkungan dalam ruang bisa lebih fungsional dan meningkatkan kualitas kehidupan serta budaya dari penghuninya. Ruang akan memiliki estetika sehingga tampilannya lebih menarik. Dalam penerapannya ada tiga komponen penting yang jadi pertimbangkan yaitu ruang, alat serta manusia. 

Prinsip Dasar Desain Interior Rumah 

Dalam pembuatan sebuah desain interior rumah, seorang desainer menerapkan beberapa prinsip dasar. Berikut ini beberapa prinsip dasar yang digunakan. 

1. Keseimbangan

Prinsip pertama ini bertujuan agar ruangan tidak tampak berat sebelah atau condong ke salah satu sisi. Semua elemen yang masuk harus menciptakan keseimbangan. Ada tiga jenis keseimbangan yang biasanya diterapkan yaitu keseimbangan simetris, asimetris dan radial. 

2. Unity and harmony

Prinsip kedua adalah sebuah ruangan yang memiliki elemen saling melengkapi sehingga tampilannya bisa menyatu satu sama lain. Dengan begitu komposisi seimbang akan tercipta. 

3. Vocal Point

Apa yang dimaksud adalah sebuah akses yang menjadi daya tarik sebuah rumah. Akses yang diberikan jumlahnya bervariasi tergantung dengan jenis gaya yang dipilih bisa satu bahkan lebih. Biasanya yang menjadi vocal point adalah furniture atau dinding yang jadi elemen ruang. 

4. Detail

Desain interior selalu memperhatikan detail yaitu yang termasuk atau berkaitan dengan kelengkapan sebuah ruang. Baik itu furniture utama, tambahan atau artivisial. Detail juga termasuk pada dekorasi ruang yang digunakan. 

5. Ritme

Maksud dari ritme adalah kebersambungan atau kontinuitas yang merupakan pergerakan terorganisir. Jadi pola pengulangan harus terdapat dalam sebuah ruangan. 

6. Skala dan Proporsi

Kedua prinsip ini saling berdampingan dan keduanya memiliki hubungan erat dengan bentuk serta ukuran. Pengaruhnya sangat besar pada kenyamanan pemilik rumah dan semua aktivitas yang dilakukan dalam ruangan. 

7. Warna

Tak dapat dipungkiri bahwa warna adalah prinsip dasar dalam sebuah desain. Pengaruhnya sangat besar terhadap seseorang seperti mood serta suasana ruangan. Warna yang lembut biasanya akan menciptakan suasana tenang. 

Berbeda dengan warna cerah yang akan mengubah suasana ruang jadi lebih segar. Oleh karena itu kebanyakan desainer pasti akan menyesuaikan pemilihan warna dengan fungsi dari ruangan. 

Pengertian interior rumah tidak terlepas dari semua prinsip dasar ini. Setidaknya kamu sebagai klien nantinya tahu apa saja yang harus diperhatikan saat mendesain dan memilih jasa interior terbaik agar hasilnya bisa maksimal sesuai dengan keinginanmu. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *