Janin Sangat Tenang

Adalah normal bayi dalam kandungan bergerak-gerak, utamanya saat trimester ke dua. Namun, tidak semua mamil merasakan gerakan janin dalam kandungan. Ini bisa ter jadi karena janin sangat tenang atau karena plasenta berada di depan janin sehingga Mama tidak merasakan dirinya sedang hamil. Normalnya, untuk kehamilan pertama, Mama merasakan gerakan janin pada usia kehamilan di atas minggu ke-20, sedangkan pada kehamilan ke-2 dan seterusnya, gerakan janin dirasakan lebih awal, yaitu usia kehamil an di atas 16 minggu atau 18 minggu.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

  • TERBIASA MENGALAMI MUAL Mamil yang memiliki gangguan lambung bisa “tertipu” de ngan gejala kembung dan mual. Mama mungkin mengira gangguan lambung atau magnya kambuh, padahal sedang hamil.
  • PERDARAHAN SELAMA HAMIL Khususnya selama bulan-bulan pertama, sehingga membuat Mama berpikir dirinya masih menstruasi. INI RISIKONYA! Wajarnya, masa-masa kehamilan dipersiapkan dengan baik dan penuh sukacita. Mama jadi lebih menjaga asupan makanannya, menjaga pola istirahat dan emosinya, termasuk banyak mengurangi aktivitasnya. Semua ini, tentu tak terjadi pada Mamil yang mengalami kehamilan tersembunyi. Mama yang tidak mengetahui atau terlambat mengtahui bahwa dirinya hamil, tentu tidak tahu dengan perkembangan janinnya. Apakah terdapat kelainan pada kehamilannya atau tidak, jadi tidak terpantau serta juga tidak dapat mengetahui usia kehamilannya dengan benar.

Begitu juga dengan kapan tanggal perkiraan persalinannya, karena si mamil tidak pernah memeriksakan diri ke bidan dan dokter. Padahal, ketidaktahuan akan adanya kehamilan ini sangat berisiko bagi janin. Pasalnya, trimester awal kehamilan merupakan masa pembentukan organ-organ penting tubuh bayi. Asupan gizi yang baik dan pola hidup sehat sangat mutlak diperlukan pada masa sekarang ini. Hal ini kadang terlewatkan apabila Mama tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil. Bahkan, pada beberapa kasus, mamil telah mengalami keguguran karena stres dan terlalu lelah karena beraktivitas.

INI YANG HARUS DILAKUKAN! “Bersahabatlah” dengan dokter kandungan ketika Mama sudah mulai merencanakan kehamilan.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *