R N R

Dahulu, ketika terjadi kebutuhan mendesak. Kita semua bingung mencari pinjaman uang karena jasa layanan gadai masih sedikit. Tapi itu dulu, sekarang banyak layanan jasa gadai seperti konter ponsel dan tempat gadai perorangan dan swasta. Saat Sinyal menyambangi salah satu konter penggadaian di dekat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran misalnya, konter R N R bisa menerima gadai ponsel. Tentunya dengan beragam syarat. Konter yang terletak di daerah Jakarta selatan, tepatnya Jl. Pasar Pondok Labu ini begitu ramai menerima gadai konsumen.

R N R

Penasaran? SINYAL berbincangbincang dengan sang penjaga konter, Iwan. Ia menuturkan, proses gadai di konternya tak memakan waktu sampai lima menit uang sudah ada di tangan penggadai ponsel. Sementara soal taksiran harga gadai adalah 50% dari harga second di pasaran. Tak cuma ponsel, beragam barang elektronik bisa digadikan di kios gadai R N R. Seperti: televisi, Cd/Vcd player, kamera digital, Netbook, Playstation, laptop, dan lainnya. Konsumen akan dipinjamkan dana sesuai nilai taksiran harga barangnya, dengan jangka waktu perpanjang dua minggu. Bagi calon nasabah yang akan menggadai barangnya di kios gadai, Iwan terlebih dahulu mengecek kondisi barang apakah dalam kondisi rusak atau baik.

setelah barang gadai dinyatakan bagus maka barang akan ditaksir nilainya, jika konsumen setuju dengan syaratsyaratnya maka danapun langsung dicaikan. Biasanya untuk barang sejenis ponsel jangka waktu hingga dua minggu plus bunga sekitar 5%. Salah satu pelanggan gadainya, Ari mengatakan, bahwa dirinya sudah sering menggadaikan ponsel karena prosesnya cepat. Hanya menyerahkan foto copy KTP dan ponsel serta perlengkapannya. Maka uangnya pun akan cepat cair. “Kemarin saja saya menggadaikan ponsel saya ketika anak saya sakit, cuma 3 menit sampai 5 menit udah deh dana pinjaman cair,” katanya.

Dalam bisnis ini , Iwan tetap mengutamakan cara kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga beberapa konsumennya sudah menjadi pelanggan tetap. Dimana jika mereka butuh dana mendesak, mereka menggadaikan barang miliknya ke tempat Iwan dan prosesnya pun cepat. Ya memang cepat, Kami langsung melihat di lokasi, dan cukup 5 menit saja. Syaratnya Cuma membawa foto copy KTP dan kelengkapan ponsel. Disinggung soal momentum pasang surut bisni gadai, “Biasanya ramai pada saat akan lebaran, tahun ajaran baru,” ungkapnya singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *