Muncul Varises

Coba perhatikan tubuh Mama, apakah ada garis tipis berwarna biru? Biasanya, sih, terlihat di kaki. garis tipis kebiruans kadang menonjolsitu disebut Varises dan sebenarnya normal dialami oleh mamil. sekitar 20-30% mamil mengalami Varises atau pelebaran Vena di trimester ketiga atau saat usia kehamilan sudah melebihi 32 minggu. Vena adalah pembuluh darah yang bertugas menyalurkan darah kotor kembali ke jantung.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Pada vena terdapat katup-katup yang mencegah membalik nya aliran darah. Sepanjang kehamilan, Yolume dan tekanan darah di tubuh Mama meningkat seiring dengan pertumbuhan janin. Tidak hanya itu, kondisi hormon di tubuh Mama pun mengalami perubahan drastis sebagai akibat dari berlangsungnya proses kehamilan. Kedua faktor tersebut turut menyebabkan pembuluh darah membesar. Progesteron adalah hormon yang paling berpengaruh dalam menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

GEJALA TAK MENONJOL 6ecara umum, Varises lebih banyak dialami oleh perempuan ketimbang lakilaki, karena jaringan kulit perempuan lebih lunak. 9arises dapat timbul di bagian tubuh mana saja tanpa bisa dicegah sebelumnya. Khusus pada mamil, Varises kebanyakan ditemui di kaki, namun bisa juga timbul di tangan, perut, usus besar, vulva kelamin luar, dan vagina. varises di Vagina biasanya timbul saat usia kehamilan sudah tua, ketika ukuran janin dan rahim sama-sama membesar.

Pembesaran rahim memberikan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan pembuluh darah besar vena cava inferior, sehingga timbul penyumbatan relatif. Dinding pembuluh darah meregang dan membuat Vena membengkak hingga terlihat di bawah kulit atau jaringan mukosa. Varises di Vagina, umumnya tidak menimbulkan gejala yang terlalu menonjol. Biasanya mamil hanya merasakan pegalpegal di area organ intim, kemudian, saat beraktivitas sehari-hari ataupun ketika berhubungan intim akan merasa tidak nyaman di area tersebut.

Bila diperhatikan lebih dekat akan terlihat adanya Varises atau pembesaran Vena pada Vagina dan permukaan labia mayora bibir Vagina tampak tidak rata atau terasa ada benjolan. BISAKAH MELAHIRKAN NORMAL? Jangan khawatir, Ma, umumnya Varises di Vagina tidak membahayakan janin ataupun memengaruhi proses persalinan. Asalkan, hasil pemeriksaan dokter menunjukkan kandungan dan kesehatan Mama baikbaik saja, maka Mama tetap berpeluang untuk dapat melahirkan secara normal.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *