Membuat Pattern di Illustrator ala Autotrade Gold Bag2

Membuat Pattern di Illustrator ala Autotrade Gold – 5. Menggandakan sekali lagi Sekarang waktunya menggandakan bagian bawahnya. Pilihlah pola yang tadinya berupa gambar asli (bukan objek hasil penggandaan), kemudian masuk ke “Effect | Distort & Trans form | Transform” sekali lagi (abaikan peringatan yang muncul, jika ada). Untuk kali ini, isikan nilai yang sama, namun pada nilai “Vertical”. Sama seperti sebelumnya, pastikan “Preview” di bagian kiri-bawah dalam keadaan tercentang..

Melepaskan objek Distort & Transform memang memiliki kelebihan dalam segi jarak dan bentuk objek. Setiap objek yang digandakan akan punya kesamaan atau keteraturan. Meski begitu, Anda belum bisa mengatur objek gandaannya terlebih dahulu. Karena objek duplikatnya berpatokan pada yang asli. Anda perlu melepaskan nya dengan memilih “Object | Expand Appearance”. Setelah memilih opsi ini, Anda tidak akan bisa mengatur dan menyesu aikan kembali jumlah objek yang ingin digandakan.

Lepaskan dalam group Meski sudah berdiri sendiri, objek pattern yang sudah Anda buat masih melekat satu sama lain dalam satu group. Anda perlu melepaskannya dengan mengklik kanan, kemudian pilih “Ungroup”. Anda perlu melakukan “Ungroup” beberapa kali sesuai kebutuhan Anda.

Buatlah berbeda ! Kini, Anda sudah bisa mengatur setiap objek yang ada tanpa terkait dengan objek aslinya. Sudah pasti, Anda memiliki susunan pola yang rapi, memiliki jarak yang pasti sama, tanpa bantuan “Ruler”.

Apakah cukup sampai disitu? Jelas tidak Distort & Transform ini dibuat untuk membantu kita yang ingin membuat pattern dengan ketelitian tinggi hingga bentuk geometri yang rumit. Beberapa langkah sebelumnya ditujukan untuk membantu Anda mengenal fungsi dasarnya. Untuk pengembangannya, ada beberapa hal yang perlu Anda coba seperti berikut :

Menggunakan “Angle” Gunakanlah “Angle” yang ada pada Distort & Transform untuk membuat perhitungan pola melingkar yang pas.Lakukanlah eksperimen dengan mencoba beberapa nilai yang ada dan juga posisinya.

Menggunakan “Scale” Scale bisamembuat pattern Anda menjadi lebih menarik dengan mengubah ukuran dari objek yang sudah Anda buat. Mengkombinasikannya dengan “Rotate”dan “Move”, tentunya bisa menjadi keasyikan tersendiri.

Agar menghasilkan karya yang bervariasi, ciptakanlah satu atau dua bentuk dari penggunaan Pen Tool atau kombinasi Rectangle dan Ellipse. Anda juga bisa menciptakan geometri yang indah dengan pengaturan “Scale”, “Move”, dan“Rotate.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *